VW Beetle 1303, Cat Total Luar Dalam

VW Kodok atau VW Beetle siapa sih yang ga tau? Mobil iconic dunia ini? Diproduksi sejak jaman perang dunia II sampai 2003 (Mexico). Mobil rakyat (Volkswagen) ini menjadi mobil jalan raya yang populer sejak diproduksi massal tahun 1950. Bentuk yang kecil, compact, pemeliharaan mudah, membuatnya terkenal sampai ke seluruh dunia, bahkan diproduksi sampai tahun 2003 tersebut meskipun era New Beetle sudah ada.

Konsumen kami, Mr.C mempunyai VW Beetle 1979 atau VW Beetle 1303. Bermesin Boxer 4 silinder 1600cc berpendingin udara, VW Beetle 1303 ini cukup bertenaga, dan mudah perawatan nya. Tak heran, saat ini menjadi buruan para kolektor. Nah, milik Mr.C ini, sudah dalam kondisi diperbaiki keroposnya dan dibuat widebody menyesuaikan Velg nya, namun karena berbagai hal dan kendala, maka pekerjaan pengecatan tidak dilakukan di bengkel sebelumnya. Oleh karena itulah, Mr.C membawa VW kodoknya ini ke bengkel kami Laris Abadi, untuk dilanjutkan cat total dengan warna merah classic khas VW nya tersebut.

kondisi awal

Langsung saja, setelah VW Beetle ini tiba di bengkel, kami kelotok cat lama nya. Kebetulan interior sudah dilepas sendiri oleh YBS, sehingga mempersingkat pekerjaan kami. Karena pekerjaan body ini cukup memakan waktu, maka Mr.C sekalian merekondisi mesin nya. Mesin dilepas dan diturunkan oleh rekanan kami, untuk direkondisi. Setelah dikelotok bersih, kami semprotkan  epoxy primer sebagai lapisan dasar, agar karat atau korosi tidak datang kembali.

proses kelotok - primer

Tahap selanjutnya yaitu dempul. Dempul di sini berfungsi untuk menghaluskan permukaan bekas repair, bukan untuk membentuk, jadi, tidak perlu tebal. Proses dempul ini harus kering sempurna dahulu, sebelum digosok halus.

Langkah berikutnya yaitu Epoxy. Epoxy di sini bertujuan untuk menutup pori pori dempul dan juga sebagai dasar bagi cat yang akan disemprotkan agar melekat sempurna. Agar awet, epoxy ini wajib ya. Sama halnya dengan proses dempul, epoxy inipun harus kering sempurna dahulu sebelum digosok halus, untuk hasil maksimal.

Nah, setelah epoxy digosok halus, kami bawa VW Beetle Mr.C ini ke dalam ruang Oven (spray booth) kami untuk kami cat dengan warna ruby red sesuai keinginan Mr.C untuk kembali klasik, yang kami lapis dengan clear coat jenis high solid agar kilau dan awetnya maksimal. Proses pengecatan ini ada beberapa tahap. yaitu pertama body, dan kemudian lanjut ke kap mesin, kap bagasi dan panel panel pendukung.

Tugas kami belum selesai, setelah keluar dari ruang Oven pengecatan, VW Beetle ini kami rakit kembali lalu kami bawa ke rekanan kami untuk dipasang Mesin nya. Setelah mesin dipasang dan VW Beetle Mr.C ini kembali ke bengkel kami, maka kami lanjut proses pengecatan bagian interior dan kolong nya.

proses poles

Tahap finishing yaitu proses poles, yang berfungsi untuk menghilangkan debu sisa pengecatan dan menghaluskan tekstur permukaan yang dicat. Nah, baru setelah dirakit dan dipoles, kegantengan klasik Volkswagen Beetle ini nampak. Kini Mr.C bisa mengendarai nya dengan bangga kembali. The Classic Icon is Back. Silahkan dilihat dokumentasi kami.

Bagi anda yang ingin merestorasi body mobilnya, meremajakan warna cat mobilnya, silahkan langsung datang ke bengkel kami yang alamatnya ada di halaman “About Us” atau konsultasi dulu, bisa hubungi kami di (0274) 4477018 / 082243834317 / 085729919317 bisa telpon, SMS atau Chat via WA dan Telegram

Sharing This Post!

There are no comments yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *