Toyota Corolla AE-92 “Twin Cam”, Restorasi Body

Corolla Generasi ke-6 atau sering disebut Corolla Twin Cam, diperkenalkan di Indonesia sejak 1988. Menggantikan pendahulunya, Corolla GL (EE-80). Corolla Twincam ini hadir di Indonesia dengan 2 pilihan mesin, 1300cc (EE90) dan 1600cc (AE92) serta 2 pilihan body yaitu sedan dan hatchback (liftback). Sejak hadirnya, Corolla generasi ke-6 ini sudah mencuri perhatian, karena mesin yang halus suaranya, jumlah klep yang 16 dan twin cam (masih jarang saat itu).

kondisi awal Corolla Twincam Original 1989

Konsumen kami, Mr.B yang merupakan penggemar Corolla dan mempunyai kenangan tersendiri terhadap Corolla Twin Cam tersebut, membawa mobilnya ke bengkel kami yang ada di Utara Stadion Maguwoharjo, untuk di cat ulang. Corolla Mr.B ini merupakan buatan tahun 1989. Walaupun sudah berusia lanjut, namun masih cukup terawat. Keroposnya bisa dibilang wajar dan sebagian besar cat nya masih Original.

Keropos Body dan lantai

Begitu tiba di bengkel kami, langkah pertama kami bongkar semua interior dan eksterior nya. Jok, karpet, plafon, door trim, lampu lampu, dsb. Setelah dibongkar barulah terlihat bagian yang keropos, yaitu di lantai depan, list plank kiri (Bawah Pintu) dan lantai bagasi. Saat inilah pandai besi kami langsung beraksi. Keropos keropos dilas semua, yang penyok ringan di ketok.

Proses Kelotok cat lama

Tahap berikutnya, cat lama nya yang ternyata sebagian besar masih original tersebut, kami kelotok. Setelah dikelotok ini, kami teliti kembali, apakah ada calon keropos atau lubang lubang kecil di body. Karena tidak ada, kami lanjut ke primer coat sebagai pelindung dari plat body, agar tidak mudah korosi kembali.

Tahap Primer coat, Dempul dan Epoxy Filler

Setelah primer coat kering, kami lanjut ke tahap dempul. Dempul di sini hanya sebagai penghalus permukaan yang bergelombang dan baret dalam saja, bukan untuk membentuk, jadi, tidak perlu tebal. Proses dempul ini harus kering sempurna dahulu sebelum kami lanjut ke tahap berikutnya.

Dempul yang sudah kering sempurna tersebut, kami gosok halus lalu kami semprotkan epoxy filler sebagai dasar bagi cat dan penutup pori-pori dempul. Proses epoxy ini wajib ya, karena menunjang keawetan bagi cat keseluruhan. Proses epoxy inipun harus kering sempurna juga sebelum digosok halus.

Proses pengecatan di dalam Oven. Corolla TwinCam

Setelah Epoxy digosok halus, body mobil twin cam mr.B ini kami masukkan ke dalam spray booth (ruang Oven) kami untuk kami semprot dengan Cat bakar berwarna Dunhill Red seperti warna aslinya, dan kami lapis dengan clear jenis high solid agar kilau dan awet nya maksimal. Setelah Body nya selesai di cat, kemudian bergantian kap mesin dan kap bagasi dan bumper bumpernya. Selanjutnya interior, ruang mesin dan kolong nya. Perlu beberapa tahap pengecatan.

Toyota Corolla 6th Gen, AE-92 Sedan. Corolla Twin Cam Engine

Proses selanjutnya kami rakit kembali parts interior dan exterior Corolla Twin Cam ini, lalu kami poles. Poles di sini berfungsi untuk menghilangkan debu sisa pengecatan dan juga menghaluskan tekstur permukaan. Nah barulah setelah dirakit dan dipoles, Corolla AE-92 Mr.B ini kembali nampak seperti baru. Kini Mr. B bisa bernostalgia kembali dengan Corolla nya ini. Silahkan disimak dokumentasi kami.

Bagi anda yang mempunyai mobil kesayangan dan ingin dicat ulang ataupun mengecat kembali yang sudah kusam maupun baret baret, yuk hubungi kami di (0274)4477018 / 082243834317 / 085729919317 bisa telpon, SMS, WhatsApp atau datang langsung ke bengkel yang denah dan alamat lengkapnya ada di halaman About Us

Toyota Corolla 1989 Twincam 1600cc

Sharing This Post!

There are no comments yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *