Perbaikan Body Subaru XV yang Kecelakaan

Dengan semakin Trend nya model SUV di dunia, maka Subaru pun tak ketinggalan. Merilis Subaru Impreza XV atau Subaru XV yang berbasis platrform dan mesin Impreza. Ya kaya Honda Jazz dan HR-V gitu deh.. Corolla dan Corolla Cross. ūüôā Subaru XV ini mulai dirilis tahun 2012 dan sudah ada dua generasi sampai saat ini. Subaru XV masuk ke Indonesia melalui jalur CBU (import langsung). Mesin yang diusung Subaru XV ini sama dengan Impreza, 2000 cc Boxer 4 Silinder,¬† minus turbo tapi. Cukup lah buat perkotaan dan sub urban.

Konsumen kami, Mr.Ik mempunyai Subaru SV tahun 2013. Sayang sekali, di jalan tol beliau mengalami kecelakaan beruntun. Karena depan nya pindah jalur mendadak, sehingga Mr.Ik mengerem, namun Truk Ringan di belakang Subaru XV beliau ini tidak berhasil berhenti dengan sempurna, sehingga bagasi Subaru XV ini kesundul Truk tersebut. Lumayan, Pintu bagasi, lantai bawah bagasi, frame pintu bagasi penyok parah, serta bumper sobek dan penyok sampai kisut.. Iya laah, ketabrak truk. Untuk kaca belakang dan lampu tidak ada yang pecah. Mr.Ik mempercayakan perbaikan mobil langka nya ini di bengkel kami, Laris Abadi Sleman Yogyakarta, yang sudah berpengalaman di bidang perbaikan sejak 2009.

Langsung saja, begitu tiba di bengkel kami, pandai besi kami beraksi. Dibongkar dulu semua bagian belakang Subaru XV ini, lampu, pintu, bumper, dan kaca nya. Proses perbaikan nya lumayan rumit nih, pintu nya sampai perlu dibelah karena tulang tulangnya pada kena. Selain itu, perlu sedikit perjuangan dalam repair lantai dan pintu hatchback (bagasi) yang melesak, maklum, ditabrak Truk. Setelah semua penyok di ketok, kami cek kembali jarak nut dan tekukan body. Lalu bumper yang sobek kami ganti, kami carikan kondisi second, karena sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki. Setelah yakin presisi barulah kami masuk ke tahap selanjutnya yaitu pendempulan untuk menghaluskan dan meratakan permukaan bekas ketok penyoknya tersebut.

Proses dempul di Subaru XV ini tidak perlu tebal,karena sebagian besar sudah presisi, hanya menghaluskan permukaan saja. Dan, proses dempul ini harus kering sempurna dahulu sebelum digosok halus.

Tahap berikutnya, Body belakang Subaru XV ini kami semprot epoxy filler, fungsi dari epoxy ini untuk menutup pori-pori permukaan dempul dan juga sebagai dasar bagi cat yang akan disemprotkan. Tanpa epoxy, hasil cat akan lebih cepat menggelembung maupun retak retak. Jadi, proses epoxy ini wajib ya. Sama halnya dengan proses dempul, epoxy inipun harus kering sempurna dahulu sebelum digosok halus kembali.

Selanjutnya, kami bawa Suabru XV milik Mr.Ik ini masuk ke dalam ruangan pengecatan (spray booth) kami untuk kami cat dengan warna bluish grey metallic sesuai aslinya, yang dilapis dengan Clearcoat jenis high solid untuk kilau dan awet maximal.

Pekerjaan kami belum usai, setelah cat kering sentuh, kami rakit kembali kaca, lampu-lampu, bumper dan pintu bagasi Subaru XV ini. Setelah dirakit, lalu kami poles. Poles disini untuk menghilangkan debu sisa pengecatan dan juga menghaluskan tekstur bekas pengecatan. Nah, setelah dipoles ini barulah kelihatan kembali bentuk dan kilau Subaru XV milik Mr.Ik, sama seperti sebelum kecelakaan. Eh, gak sama ding, tulisan Subaru nya hilang soalnya, rusak ketika dilepas, karena berbahan empuk seperti karet. BTW, yuk dilihat saja dokumentasi kami.

Bagi anda yang ingin mengubah tampilan mobilnya dengan menambah bodykit maupun sekedar memperbaiki body mobil yang lecet ataupun penyok, Yuk segera hubungi kami di (0274)4477018 / 083867406117 / 085729919317 bisa telpon, SMS ataupun whatsapp.

 

Sharing This Post!

There are no comments yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *