Mazda Vantrend, Perbaikan Keropos Atap

Mazda Vantrend adalah proyek LCGC awal. Ide mobil Nasional yang direalisasikan oleh Mazda pada tahun 1990 – 1998. Mengambil basis Mazda 323 gen III, bermesin 1400 cc dan dimodifikasi sedikit lampunya. Yang versi Hatchback bernama Mazda MR (Baby Boomers) dan yang Wagon bernama Mazda Vantrend. Sama kan kaya Agya dan Calya? Hehehe.. Mesin sama, mesin Mazda 323 gen III yaitu 1400cc SOHC 4 valve, yang hanya menelurkan tenaga 70 HP. Karena harga murah, maka saat itu Mazda Baby Boomers dan Vantrend cukup laris.

Kondisi Awal

Konsumen kami, Mrs.I, mempunyai Mazda Vantrend 1995. Vantrend tahun ini sudah ber “power steering” sehingga cukup membantu Mrs.I dalam beraktivitas. Nah, Mrs. I ini adalah penyayang kucing, di rumahnya banyak sekali kucing, dan kucing tersebut sering kencing di atap Vantrend Mr.I. Lama kelamaan, selain pesing, Vantrend ini jadi keropos di bagian atap nya, tepatnya di talang kanan kiri. Sehingga kalo hujan, air masuk. Oleh karena itulah, Mrs. I datang ke bengkel kami yang ada di Utara Stadion Maguwoharjo, untuk memperbaiki keropos di atap Vantrend nya.

Pertama-tama, kami bongkar roof rack nya yang ternyata juga sudah keropos, lalu melepas kaca belakang samping yang sekitarnya bocor juga. Setelah hal-hal yang menghalangi dibongkar, barulah panadai besi kami beraksi. Mengelas, memotong, mengganti plat besi untuk menambal lubang lubang di atap Mazda Vantrend kelabu ini.

Proses Body Repair

Setelah selesai menambal lubang lubang dan karat di atap Vantrend, kami lanjutkan dengan primer coat, agar karat tidak datang kembali. Setelah itu kami lanjut lagi dengan dempul. Proses dempul di sini hanya untuk menghaluskan permukaan bekas las atau ketok, bukan untuk membentuk, sehingga tidak perlu tebal. Dempul ini harus kering sempurna dahulu, sebelum digosok halus.

Berikutnya, kami semprotkan epoxy filler sebagai dasar bagi cat yang akan disemprotkan, sekaligus untuk menutup pori-pori dempul. Epoxy ini wajib ya, agar cat awet, tidak mudah mengelupas maupun retak retak. Sama dengan proses dempul, proses epoxy ini harus kering sempurna dahulu sebelum digosok halus.

Proses Dempul -Cat – Poles

Kemudian, setelah atap dan lambung (quarter panel) yang di epoxy tadi digosok halus, kami bawa Mazda Vantrend kelabu ini ke dalam ruang oven (spray booth) kami untuk kami cat dengan warna Grey Metallic seperti aslinya, yang dikombinasi dengan clear coat jenis high solid agar kilau dan awetnya Maksimal.

Pekerjaan kami belum selesai. Setelah dicat, sambil menunggu kering sempurna, kami rakit kaca belakang samping. Untuk Roof Rack nya tidak bisa digunakan lagi karena sudah parah kondisi keropos nya. Barulah setelah dirakit, kami poles. Poles di sini berfungsi untuk menghilangkan tekstur dan debu sisa pengecatan. Setelah proses poles ini, Vantrend Mrs.I kembali bersinar, kembali mengkilap dan tidak bocor. Untuk ke depan nya, kami sarankan Mrs.I agar menutup mobilnya dengan selimut mobil ketika digarasi, agar aman dari pipis meong. Yuk dilihat dokumentasi kami.

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan body mobilnya maupun butuh pengecatan mobil, langsung saja hubungi kami di (0274)4477018 / 082243834317 / 085729919317 bisa telpon, SMS, ataupun chatting online via WhatsApp.

Selesai

Sharing This Post!

There are no comments yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *