Perbaikan Pintu Belakang Penyok, Daihatsu Taruna

Daihatsu Taruna adalah small SUV buatan Daihatsu yang saat itu (1997) diposisikan untuk melawan Suzuki Escudo. Bermesin 1600cc SOHC, cukup handal dan tangguh dalam membawa berat bodynya. Ditambah lagi, penggerak belakang yang memudahkan perawatan dan handal dalam jangka panjang. Di Jepang dan Australia, Taruna ini dikenal dengan nama Terios. Secara bentuk, hampir sama dengan produksi Indonesia, hanya beda di bagian Headlamp. Terios generasi pertama, eh Taruna ini cukup laris saat itu dan harga jual bekas nya pun relatif stabil.

Kondisi Awal

Konsumen kami, Mr. B, mempunya Daihatsu Taruna buatan tahun 1998. Sayang sekali, beliau mengalami kecelakaan, Taruna silver kesayangannya ditabrak dari belakang di lampu merah, sehingga pintu belakang (bagasi) nya penyok dan mengakibatkan susah dibuka. Plus, moulding pintunya juga pecah. Oleh karena itulah, Mr.B datang ke bengkel kami, Laris Abadi, bengkel Cat di Jogjakarta yang sudah berpengalaman dalam perbaikan penyok.

Proses body Repair

Setelah Mr.B datang, langsung saja pandai besi kami yang berpengalaman, membongkar doortrim dan kaca belakang Taruna Silver ini. Karena penyoknya hampir saja mengenai bagian kaca, sehingga untuk perbaikan, kaca harus dilepas dahulu.

Setelah proses perbaikan pintu penyok dan moulding selesai, Taruna silver ini diserahkan ke bagian pengecatan untuk dilanjutkan pengerjaan nya. Proses pengecatan dimulai dari proses dempul. Dempul di sini berfungsi untuk menghaluskan permukaan bekas repair (ketok) saja, bukan untuk membentuk permukaan, sehingga tidak perlu tebal. Proses dempul ini harus kering sempurna dahulu, sebelum digosok halus.

Berikutnya setelah didempul, yaitu epoxy filler. Epoxy Filler di sini berfungsi untuk menutup pori-pori dempul dan sebagai dasar bagi cat yang akan disemprotkan. Epoxy ini wajib ya, agar cat menempel awet. Sama halnya dengan proses dempul, epoxy inipun harus kering sempurna dahulu sebelum digosok halus.

Proses dempul sampai Cat

Kemudian, setelah epoxy keirng sempurna dan digosok halus, taruna Mr.B ini kami bawa ke dalam oven (spray booth) kami untuk kami cat dengan warna Silver sesuai aslinya, lalu kami lapis dengan clear coat jenis high solid untuk kilau dan awet maksimal.

Pekerjaan kami belum selesai, setelah pengecatan, Taruna Silver ini kami rakit kembali kaca belakang dan doortrim nya, lalu kami poles. Poles di sini berfungsi untuk menghilangkan debu sisa pengecatan dan juga menghaluskan tekstur pada bagian yang dicat tersebut.

Nah, setelah dirakit dan dipoles, kini Taruna Mr.B kembali terlihat ganteng seperti awalnya. Oiya, Ban serep memang gak dipasang oleh Mr.B ya, bukan karena rusak or hilang. Silahkan dilihat dokumentasi kami.

Bagi anda yang mempunyai masalah di body mobilnya, seperti penyok, cat kusam maupun baret baret, dan ingin menanyakan biaya perbaikan penyok mobilnya, langsung saja konsultasi atau reservasi di Laris Abadi, (0274) 4477018 / 085729919317 / 082243834317 bisa telpon, SMS, ataupun WhatsApp.

Daihatsu Taruna

Sharing This Post!

There are no comments yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *