Cat Kelotok Total Toyota Starlet Kotak EP-71

Starlet Kotak atau Ep-70/71, menjadi Hatchback pertama Toyota yang dipasarkan di Indonesia. Setelah Suzuki, Honda dan Daihatsu sudah terlebih dahulu mengeluarkan mobil hatchback kecil. Generasi ke tiga Starlet ini bermesin 1000cc dan 1300cc, pendahulu Toyota Yaris ini cukup mencuri perhatian publik dan menjadi icon tersendiri bagi penggemar otomotif di Indonesia. Mesin yang bandel dan irit serta kualitas bangun dari Toyota membuat mobil ini masih banyak dijumpai di jalanan sampai sekarang.

kondisi awal

Konsumen kami, Mr.An yang berdomisili di daerah Purwokerto ini mempunyai Toyota Starlet Ep71, 1300cc tahun 1988. Sebenarnya Starlet Kotak beliau ini sudah pernah dicat total, namun salah warna (jadi biru metalik) dan hasilnya agak mengecewakan karena dempul terlalu tebal dan sudah kusam padahal baru satu tahun. Oleh karena itu, Mr. An datang ke bengkel kami, Laris Abadi Autobody Yogyakarta yang sudah bepengalaman di bidang body repair sejak 2009 untuk mengulang pengecatan Starlet Kotak nya, back to original colour.

Langsung saja sesuai instruksi Mr.An, kami bongkar total Starlet Kotak nya. Lampu-lampu, interior, kaca, semua turun. Lalu cat lama dikerok atau Kelotok total sampai terlihat plat nya. Dari kondisi ini baru kami bisa menaksir biaya pasti nya, karena sudah terlihat semua kondisi Starlet Kotak tersebut. Ternyata ada beberapa keropos minor di bagian pintu dan lantai Starlet kotak ini yang harus dibenahi. Pandai besi kami pun dengan sigap merekondisi keropos minor ini. Setelah keropos dibenahi, kami lapisi plat body Starlet Kotak ini dengan epoxy primer agar terlindungi dari karat. Proses Primer Coat ini wajib ya, agar keropos tidak datang kembali.

Berikutnya, kami lanjut ke tahap pendempulan. Dempul di sini berfungsi untuk mengoreksi, menghaluskan permukaan yang penyok lembut maupun baret dalam. Jadi, tidak perlu tebal. Proses dempul di Toyota Starlet Ep71 ini harus kering sempurna dahulu baru kemudian digosok halus.

Proses selanjutnya, kami semprotkan epoxy filler sebagai penutup pori pori dempul dan juga sebagai dasar bagi cat yang akan disemprotkan. Proses epoxy ini wajib hukumnya ya, agar hasil cat awet, tidak lekas merintis. Sama halnya dengan proses dempul, proses epoxy di Starlet Kotak inipun harus kering sempurna dahulu sebelum digosok halus.

Kemudian, Toyota Starlet kotak ini kami bawa masuk ke dalam ruang oven (spray booth) kami untuk kami cat dengan warna Dark Blue Solid nya khas Toyota 80 an, kemudian kami lapis dengan clear coat jenis high solid untuk kilau dan awet maksimal. Proses pengecatan ini ada 4 tahap, yaitu body, lalu kap mesin – kap bagasi dan bumper bumper, kemudian interior dan ruang mesin dan terakhir, kolong.

Tugas kami belum selesai, setelah semua proses pengecatan usai dan kondisi sudah kering sentuh, kami rakit kembali semua parts Starlet ini.. Mulai dari eksterior, lalu interior. Setelah dirakit, kami lanjutkan dengan proses poles. Poles di sini berfungsi untuk menghaluskan tekstur permukaan dan menghilangkan debu sisa pengecatan. Nah, setelah selesai dipoles, kini Toyota Starlet Kotak Ep 71 ini tampil segar, cerah, dan Mr.An pun makin senang membawa jalan pulang kembali ke Purwokerto. Yuk dilihat dokumentasi kami.

Nah Bagi anda yang ingin memperbaharui tampilan mobilnya, mengecat ulang, maupun sekedar perbaikan cat kusam, hubungi kami yuk di (0274)4477018 / 082243834317 / 085729919317 (WhatsApp)  Boleh SMS, Telpon maupun Chatt via WhatsApp dan aplikasi medsos Laris Abadi lain nya.

 

Sharing This Post!

There are no comments yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *