Suzuki Katana 1990, Restorasi Menolak Hancur

Suzuki Katana diproduksi sebagai versi hemat dari Suzuki Jimny, tanpa penggerak 4×4, karena pengenaan pajak untuk mobil 4×4 cukup tinggi. Meskipun demikian, penggemar Suzuki Katana ini cukup luar biasa. Bahkan diproduksi dari tahun 90 – 2005. 15 tahun loh tanpa ganti model.. Heheheh.. Prestasi gemilang Suzuki. Mesin Suzuki 1000cc yang bandel, irit, dimensi mobil yang kompak serta ground clearance yang tinggi, memang cocok untuk kondisi Indonesia.

Kali ini kami kedatangan Mr.B, yang mempunyai Suzuki Katana tahun 1990, masih lampu Kotak. Mobil ini merupakan peninggalan ayah beliau. Sudah sangat tidak terawat dan dibiarkan saja di halaman, sering buat jemur intip (nasi kering) dan jemur kasur kata beliau. Nah karena sekarang lagi musim lagi nih mobil Jip kecil kecil, maka tergeraklah hati Mr.B untuk merestorasi Suzuki Katana nya tersebut. Maka beliau datang ke bengkel kami Laris Abadi Autobody di Sleman Yogyakarta, untuk merekondisi ulang body Suzuki Katana merah nya ini.

Begitu datang ke bengkel kami dan melihat kondisi sebenarnya, memang runyam sih.. 😀 Karat dimana – mana, baik di body maupun lantai nya, untung chassis Suzuki Katana ini aman. Untuk mesin dan kaki-kaki kebetulan sudah diperbaiki lebih dahulu, sehingga kami tinggal eksekusi body nya saja.

Setelah dibongkar kaca-kaca, lampu, dan interior nya, pandai besi kami mulai beraksi. Bagian body Katana yang keropos ini dipotong lalu diganti dengan plat besi baru. Proses pengelasan ini lumayan lama, karena harus telaten, spot per spot. Setelah di las, Suzuki Katana Mr.B ini kami kelotok cat lama nya, lalu kami cek kembali, masih ada karat atau keropos yang tertinggal atau tidak.

Karena sudah tidak ada karat yang tertinggal, kami lanjut ke proses dempul. Dempul di sini hanya untuk meratakan permukaan yang kurang halus dan sambungan bekas las saja, bukan untuk membentuk, jadi, tidak perlu tebal. Permukaan dempul di Suzuki Katana ini harus kering sempurna dahulu sebelum digosok halus.

Setelah dempul kering sempurna, kami gosok halus kembali Suzuki Katana ini, lalu kami semprotkan epoxy filler yang berguna sebagai penutup pori-pori dempul dan sebagai pijakan bagi cat yang akan disemprotkan. Sama dengan proses dempul, proses epoxy inipun harus kering sempurna dahulu sebelum digosok halus.

Proses berikutnya setelah permukaan body yang diepoxy halus, kami bawa Suzuki Katana ini masuk ke dalam spray booth (ruang Oven) kami untuk kami cat dengan warna Germain Red mendekati warna aslinya. Cat tersebut kami lapis dengan clearcoat jenis High Solid agar awet dan kilau maksimal. Proses pengecatan Suzuki Katana ini ada beberapa tahap. Pertama Body dan ruang interior nya, kedua pengecatan bumper dan kap mesin nya, kemudian yang terakhir pengecatan ruang mesin dan kolong nya.

Pekerjaan kami belum selesai. Setelah tahap-tahap pengecatan dilalui, kami rakit ulang Suzuki Katana Mr.B ini. Kami pasang kembali kaca-kaca nya, lampu, dan interior nya. Oya, karena kondisi grill original nya sudah tidak tertolong, pecah-pecah, maka Mr.B memesan grille custom kekinian untuk Suzuki Katana nya. Dan tahap finishing nya yaitu poles. Poles di sini berfungsi untuk menghaluskan permukaan dan juga menghilangkan debu debu sisa pengecatan.

Nah, setelah dirakit dan poles, kini Suzuki Katana Mr.B tampil cemerlang kembali, terselamatkan dari ambang kepunahan. Bisa mejeng lagi dan menjadi mobil kenangan keluarga yang disayang. Yuk dilihat dokumentasi nya.

Anda punya kendaraan kesayangan atau kenang -kenangan yang ingin di restorasi? Langsung saja hubungi kami di 0274-4477018 / 085729919317 / 082243834317  bisa telpon, sms, chat via WhatsApp & Telegram atau datang langsung ke bengkel kami yang denahnya ada di sini  :  Tentang Kami 

 

Sharing This Post!

One Comment to “Suzuki Katana 1990, Restorasi Menolak Hancur”

Trackbacks/Pingbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *