1980 Peugeot 504, Singa Tua berwarna Biru

Peugeot 504 merupakan sedan mid-size yang diproduksi dari tahun 1969-1983. Bodynya yang berukuran sedang (untuk masa itu), bersaing dengan Toyota Corona dan Honda Accord di masa itu. Kenyamanan dan pengendalian handal yang dihasilkan oleh suspensi racikan insinyur Perancis ini, membuat 504 cukup laris di masa nya, apalagi mobil produksi Jepang belum sebanyak saat ini dan juga belum ada LCGC pastinya 😀 . Di Afrika sendiri, Peugeot 504 ini masih diproduksi hingga tahun 2006 loh.

Milik konsumen kami, Mr. Y, adalah buatan tahun 1980. Mesin 2000cc dan Penggerak belakang memikat Mr.Y untuk memiliki mobil ini. Kondisi dari pemilik sebelumnya memang sudah akan diperbaiki tapi karena sesuatu hal, pekerjaan permak bodynya jadi terbengkalai. Fender depan sudah di modifikasi, fender belakang sudah dilebarkan. Mr.Y yang baru saja meminang 504 ini, langsung membawa ke bengkel kami yang sudah berpengalaman dalam hal pengecatan mobil, untuk dicat ulang agar tampilan lebih segar. 

Setelah tiba di lokasi kami yaitu Utara Stadion Maguwoharjo Sleman, 504 ini langsung kami bongkar interior nya untuk pengecekan keropos. Ternyata keroposnya hanya sedikit, di sekitar kaca belakang saja. Sebagian besar keroposnya sudah direparasi oleh pemilik sebelumnya. Hanya bagian atap dan kap mesin yang ada plat berkaratnya, namun belum sampai berlubang. Kondisi cat asalpun masih lumayan, tidak tebal, walaupun sudah kusam, sehingga dari pertimbangan kami,  Mr. Y memutuskan untuk tidak perlu dikerok habis, menghemat anggaran dan waktu. Hanya beberapa bagian yang sudah ada biang keroposnya tersebut yang kami kerok.

Atap, kap mesin, kap bagasi, dan pintu depan kami kerok cat lamanya, sekalian membereskan biang keropos. Setelah itu, kami lanjut perbaiki keropos di sekitar kaca belakang. Setelah perbaikan keropos selesai, selanjutnya adalah tahap dempul. Dempul di sini berfungsi untuk menghaluskan permukaan yang bergelombang halus atau yang bekas las maupun ketok. Dempul di sini bukan untuk membentuk body, jadi tidak perlu tebal. Proses dempul ini kami tunggu sampai kering sempurna, lalu kami gosok halus.

Setelah dempul digosok halus, kami semprotkan epoxy filler yang berfungsi sebagai penutup pori-pori dempul dan juga sebagai dasar bagi cat yang akan disemprotkan. Proses epoxy inipun harus kering sempurna dahulu sebelum lanjut ke tahap berikutnya.

Tahap selanjutnya yaitu pengecatan. Epoxy di 504 yang sudah kering sempurna, kami gosok halus, lalu 504 ini kami bawa masuk ke dalam spray booth (ruang pengecatan) kami, untuk kami cat dengan warna biru sesuai permintaan Mr.Y. Warna ini lebih tua sedikit dari semula, agar lebih kalem menurut Mr.Y.

Pengecatan kami bagi menjadi 2 bagian. Pertama mobilnya dahulu, beserta lantai, ruang mesin dan ruang bagasi. Yang kedua, kami cat sendiri untuk kap mesin, bumper, garnish kap mesin, ductail, sideskirt dan kap bagasi. Kemudian, Peugeot 504 ini kami rakit kembali, lalu kami poles untuk menghilangkan debu sisa pengecatan juga menghaluskan teksturnya.

Setelah proses poles tersebut, Peugeot 504 biru ini kami serahkan kembali ke Mr.Y yang menerima nya dengan gembira. Silahkan dilihat dokumentasi kami.

Nah, untuk pembaca sekalian yang mengalami permasalahan di body mobil, langsung saja datang ke bengkel kami atau silahkan konsultasi dengan kami di (0274)4477018 / 085729919317 / 083867406117 Bisa Telpon, SMS atau WhatsApp… 

 

 

 

Sharing This Post!

There are no comments yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *