Daihatsu Taruna, Repair Apron

Daihatsu Taruna di Indonesia merupakan SUV kedua dari pabrikan Daihatsu. Dipasarkan mulai tahun 1999 sampai 2005. Setelah sebelumnya Daihatsu punya SUV HiLine yang berbasis Taft / Feroza. Daihatsu Taruna ini di negeri asalnya (Jepang) merupakan Terios generasi pertama. Bermesin 1600cc yang sama dengan Feroza, untuk menyaingi Suzuki Escudo / Sidekick yang saat itu tidak ada lawan nya. Taruna menjadi angin segar di dunia SUV kala itu, dan cukup menoreh keberhasilan, walaupun minim fitur jika dibandingkan dengan Suzuki Escudo.

Milik konsumen kami, Mr. M, mengalami kecelakaan cukup lumayan parah. Bumper depan nya di tabrak oleh mobil lain sampai copot, dan menyebabkan fender kiri depan penyok, lalu lampu sein dan lampu utama sebelah kiri mengalami kerusakan juga. Daihatsu Taruna Mr Tile 1

Mr.M langsung membawa Taruna biru nya, dalam keadaan bumper sudah copot, ke bengkel kami yang ada di Utara Stadion Maguwoharjo Sleman untuk di rekondisikan. Bengkel kami yang sudah berpengalaman dalam body repair sejak 2009, tidak mengalami masalah untuk memperbaiki Taruna Mr.M dengan kondisi seperti itu. Tenaga ahli kami dengan cekatan membongkar fender untuk di repair, beserta sub frame bawah yang merupakan dudukan bumper yang mengalami kerusakan penyok juga.

Karena spareparts lampu depan milik Taruna awal sudah susah didapat, maka Mr.M mengganti headlamp nya dengan milik Taruna edisi terakhir yang sudah bening (crystal). Lampu lampu inipun langsung di fitting dengan bumper dan fender nya.Daihatsu Taruna Mr Tile 2

Setelah proses body repair selesai, kami masuk ke tahap dempul. Pendempulan di sini bertujuan untuk menghaluskan permuakaan yang setelah repair tersebut, bukan untuk membentuk, jadi tidak perlu tebal. Dempul ini harus kering sempurna dahulu sebelum digosok halus, lalu masuk ke tahap selanjutnya.

Berikutnya yaitu tahap epoxy, epoxy di sini berguna untuk menutup pori-pori dari dempul dan juga sebagai dasar bagi cat yang akan disemprotkan. Epoxy inipun harus kering sempurna dahulu sebelum digosok halus dan melangkah ke tahap selanjutnya.

Tahap selanjutnya, Daihatsu Taruna Mr.M kami bawa ke dalam ruang pengecatan (oven) kami untuk kami cat biru metalik seperti semula dengan bumper depan berwarna silver. Setelah dicat, kami lapis dengan clearcoat jenis high solid untuk awet dan kilau maksimal. Daihatsu Taruna Mr Tile 3

Proses belum selesai, setelah Taruna biru ini keluar dari spray booth, kami rakit bumper depan dan lampu lampunya, lalu kami poles untuk menghilangkan debu sisa pengecatan dan menghaluskan tekstur. Nah barulah setelah dipoles, Mr.M bisa datang kembali untuk mengambil mobilnya yang sudah pulih dan tampan lagi. Silahkan dilihat dokumentasi kami, dan jangan ragu untuk datang ke bengkel kami bila anda mengalami masalah seputar body mobil maupun pengecatan mobil. Bisa konsultasi gratis dahulu di (0274)4477018 / 082243834317 / 085729919317 silahkan telpon, SMS atau chatt via WhatsApp dan LINE.

 

 

Sharing This Post!

There are no comments yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *